Solusi Air Sumur Tidak Naik

Solusi Air Sumur Tidak Naik atau Air Tidak Mengalir dari Sumur JetPump - Air merupakan sumber kehidupan, dan memang benar sekali. Ini saya alami bagaimana sengsaranya ketika air sumur tidak naik sehingga air tidak keluar.
Sangat merepotkan, tidak bisa mandi, mencuci dan buang air besar/kecil, bahkan buat wudhu saja tidak ada. Oh my God

Hari itu senin sore, awal kejadian air sumur saya tidak naik dimulai. Ketika saya menyalakan mesin air, air tidak keluar, saya kaget, bingung. Masak iya air sumurnya kering,
kan lagi musim hujan, malah lagi tinggi-tingginya, lha wong Jakarta saja banjir, eh banjir apa tergenang ya? Ah sudahlah.

Balik lagi ke air sumur yang tidak keluar. Dengan memberanikan diri dan sok ngerti, saya coba buka
drat atas mesin air, menggunakan kunci inggris (saya ga tahu kenapa disebut
kunci inggris). Setelah drat terbuka, ternyata tidak ada air di dalam mesin air. Lalu saya coba pancing dengan mengisi air melalui drat yang saya buka tadi.

mesin air sumur bor air tidak naik


Setelah 2 sampai 3 gayung, akhirnya air luber. Langsung saya tutup drat nya dengan kunci inggris tadi tentunya. Langsung saya nyalakan mesin airnya dan tara.....
Air pun ngocor melalui kran, Alhamdulillah air sumur keluar.

Senin malam, saya ke rumah mertua, nginep disana, selasa dan rabu saya berangkat kerja dari rumah mertua. Saya mampir ke rumah hari rabu malam sepulang kerja.
Di bak mandi tersisa setengah bak, cukup buat gosok gigi dan wudhu. Setelah sholat magrib, saya mau ngisi bak mandi, saya nyalakan mesin air dan kembali episode air sumur tidak naik dimulai.
Seperti hari senin sore kemarin, saya coba pancing dengan air 1 gayung, air sumur masih belum keluar. 2 gayung belum keluar juga, 3, 4, 5 gayung sama aja, hasilnya nihil.

Karena capek pakai gayung, akhirnya saya pakai ember. 1 ember kecil penuh hampir penuh air saya masukkan ke lubang drat mesin air, tentunya dengan bantuan gayung per gayung,
bukan dituang langsung. Tapi saya belum beruntung saudara, air sumur masih tidak mau naik juga.
Cape dengan nuang gayung, saya ambil selang kecil kemudian saya gunakan untuk mengalirkan air dari ember ke mesin air / jetpump melalui drat yang terbuka tadi.

Solusi Air Sumur Tidak Naik


Satu ember kecil memerlukan waktu yang lumayan lama, karena saya pakai pakai selang kecil yang biasa dipakai tukang bangunan untuk mengukur ketinggian bangunan agar rata.
Sekitar 3 ember kecil air masuk ke sumur bor melalui lubang drat di mesin jetpump tapi air seperti hilang di telan bumi. Akhirnya saya pun nyerah dan memutuskan lanjut besuk pagi.

Hari kamis, sepulang jam kerja, sekitar magrib, saya mampir dulu ke tukang sumur yang dulu menggali sumur saya. Setelah basa basi dikit, saya ceritakan kejadiannya dan si tukang sumur langsung menyimpulkan bahwa pipa harus diangkat karena ada kerusakan pada klep di mata jet pump nya, dia menyebutya tusen klep (maaf mungkin salah tulis).

Untuk hari, kita sepakati hari sabtu pagi, dan untuk harga, setelah bernego sengit (sebenernya ga sengit sih, wong ditawar2 tetep aja ga mau turun), ahirnya disepakati harga Rp. 350.000,-
sudah termasuk tusen klep.

Sepulang dari rumah tukang sumur, saya mampir ke musholla deket rumah untuk sholat magrib, kan air di rumah ga ada. Selesai sholat ngobrol2 sebentar sama Pak Ustadz, terus saya cerita
sumur saya yang airnya tidak naik. Pak Ustadz langsung bilang, sama saudara saya saja, rumahnya deket dari sini.

Ya udah, akhirnya saya dianter Pak Ustadz ketemu saudaranya yang bisa
benerin mesin air. Lagi-lagi setelah basa basi akhirnya saya nanya, berapa biaya ngangkat mata jet pump, dia mematok harga Rp 700.000,- untuk mengangkat pipa pralon sumur saya.

Malah kalau mau, saat itu juga mau dikerjain, paling lama 1 jam katanya. Alamak, 2 kali lipat dari tukang yang pertama, saya bilang aja belum ada duit eh dia bilang gampang itu
bayar kapan aja. Hmmm akhirnya saya punya alasan harus ke rumah mertua dan memang rencananya saya ke rumah mertua beneran sih.

Biar cepet, langsung aja ya, kita cerita hari sabtu, hari yang disepakati untuk mengangkat mata jet pump. Proses ngangkat memang tidak terlalu lama dan susah karena sumur saya baru 6
bulan, jadi masih baru lah yau, udah gitu posisinya lega karena di jalan depan rumah hahahaha jadi sebentar saja sudah langsung keangkat tuh mata jet pump nya.

Kemudian si tukang memasang tusen klep, dia tidak melepas yang lama tapi di dobel dengan yang lama. Saya ngikut saja karena ga ngerti. Selesai dipasang tusen klep, maka pipa dirangkai lagi
dan dimasukkan ke dalam sumur. Lulang sumur ditutup kembali dengan dibalut karung atasnya, biar ga terjadi resapan katanya, setelah itu ditutup pasir dan disemen.

Nah fokus selanjutnya ke mesin air, karena pipa diangkat, airnya terbuang jadi kondisi pipa sekarang kosong atau tidak ada air, perlu 2 ember besar untuk mengisi pipa yang kosong agar
air sampai ke mesin air. Setelah air penuh sampai ke mesin air, saatnya menghidupkan mesin air dan tara .... air pun keluar dari mesin air saya.

Sampai detik ini, air sumur yang tidak naik sudah teratasi.
Tapi apakah masalahnya selesai disini? Ternyata tidak saudara, sore hari jam 4 ketika saya nyalain mesin air, air yg keluar kecil, saya curiga kemudian saya buka drat atas penutup mesin air
dan ternyata airnya berkurang, saya tambhin 1 gayung sehingga penuh dan air lebih kenceng mengalir.

Sabtu malam saya ke rumah mertua lagi, nginep di sana, balik ke rumah senin malam. Senin malam, sebelum nyalain air, saya sudah curiga kalau air bakal kosong di mesin air,
makanya saya buka dulu drat baut nya, dan benar saja, air kosong. Kali ini saya perlu 2 ember untuk memancing agar air bisa keluar dari sumur, hmmm... kira2 masalah apalagi nih jet pump.
Selasa pagi, saya buka lagi mesin jet pump dan permukaan air berkurang, saya isi 2 gayung baru penuh lagi.

Nah pengen tahu kan apa sebenarnya yang menyebabkan air sumur tidak naik? Diganti tosen klep tapi masih selalu berkurang, bahkan jika lebih dari sehari ga dipakai permukaan air turun banyak.
Sabar, saya juga pengen tahu tapi tidak sekarang ya, karena hari ini, sepulang kerja saya akan mampir lagi ke tukang pompa yang benerin sumur saya kemarin.
Mudah2an solusinya simple dan murah
Ditunggu update nya ya ....

0 Response to "Solusi Air Sumur Tidak Naik"

Post a Comment